PELUANG DAN TANTANGAN DALAM ANALISIS
LINTAS BATAS
Sejumlah negara memiliki perbedaan yang sangat besar
dalam praktik akuntansi, kualitas pengungkapan, sistem hukum dan undang-undang,
sifat dan ruang lingkup risiko usaha, dan cara untuk menjalankan usaha.
Perbedaan ini berarti alat-alat analisis yang sangat efektif di satu wilayah
menjadi kurang efektif diwilayah lain. Para analisis juga sering menghadapi
tantangan besar untuk memperoleh informasi yang kredibel. Di kebanyakna pasar
berkembang, para analisis keuangan sering memiliki tingkat keyakinan atau
keandalan yang terbatas.
Analisis dan penilaian keuangan internasional
ditandai dengan banyaknya kontrakdiksi. Disatu sisi, begitu cepatnya proses
harmonisasi standar akuntansi telah mengarah pada semakin meningkatnya daya
banding informasi keuangan di seluruh dunia. Analisis strategi bisnis merupakan
langkah penting pertama dalam analisis pelaporan keuangan. Analisis ini memberi
pemahaman kualitatif atas perusahaan dan para pesaingnya terkait dengan
lingkungan ekonominya. Dengan mengidentifikasi faktor pendorong laba dan resiko
usaha yang utama, analisis strategi bisnis atau usaha akan membantu para
analisis untuk membuat peramalan yang realitis.
Globalisasi pasar modal, kemajuan dalam tekologi
informasi dan kompetisi antar pemerintah nasional, bursa efek dan
perusahaan-perusahaan untuk menarik investor, dan kegiatan perdangan yang
meningkat masih terus berlanjut. Secara bersama-sama kekuatan ini memberikan
insentif bagi perusahaan untuk memperbaiki praktik pelaporan keuangan eksternal
mereka. Globalisasi dan perbaikan dalam akuntansi dan pengungkapan
internasional yang masih berlanjut mengaburkan perbedaan antara analisis
keuangan lintas batas dan dalam suatu wilayah.
LANGKAH-LANGKAH ANALISIS AKUNTANSI
Tujuan analisis akuntansi adalah untuk menganalisis
sejarah mana hasil yang dilaporkan perusahaan mencerminkan realitas ekonomi.
Para analisis perlu untuk mengevaluasi kebijakan dan estimasi akuntansi, serta
menganalisis sifat dan ruang lingkup fleksibelitas akuntansi suatu perusahaan.
Para manajer perusahaan diperbolehkan untuk membuat banyak pertimbanan yang
terkait dengan akuntansi, karena merekalah yang tahu lebih banyak mengenai
kondisi operasi dan keuangan perusahaan. Laba yang dilaporkan seringkali
digunakan sebagai dasar evaluasi kinerja manajemen mereka.
Langkah-langkah
dalam melakukan evaluasi kualitas akuntansi suatu perusahaan:
-
Identifikasikan
kebijakan akuntansi utama
-
Analisis
fleksibilitas akuntansi
-
Evaluasi
strategi akuntansi
-
Evaluasi
kualitas pengungkapan
-
Indentifikasi
potensi terjadinya masalah.
-
Buatlah
penyesuaian atas distorsi akuntansi
KERANGKA DASAR ANALISIS USAHA
Kerangka dasar memiliki empat tahap analisis, yaitu:
-
analisis
strategi usaha
-
analisis
akuntansi
-
analisis
keuangan (analisis rasio dan arus kas)
-
analisis
prospektif (peramalan dan penilaian)
ANALISIS STRATEGI USAHA INTERNASIONAL
Analisis strategi merupakan langkah pertama dalam
analisis laopran keuangan. Analisis strategi sering mengalami kesulitan dalam
lingkungan internasional. Sebagaimana yang disebutkan sbelumnya, pendorong
keuntungan yang utama dan jenis-jenis resiko usaha berbeda-beda di tiap negara.
Banyak resiko seperti resiko aturan, resiko kurs valuta asing, resiko kredit.
1. Ketersediaan
Informasi
Analisis strategi usaha sulit dilakukan khususnya
dibeberapa negara karena kurang andalnya informasi mengenai perkembangan makro
ekonomi. Memperoleh informasi yang sulit dilaukan dibeberapa negara dan jumlah
serta kualitas informasi perusahaan sangat berbeda-beda. Ketersediaan informasi
khusus mengenai perusahaaan sangat rendah dibanyak negara berkembang.
2. Rekomendasi
untuk melakukan analisis
Keterbatasan data membuat upaya untuk melakukan
analisis strategi usaha dengan menggunakan metode riset tradisional menjadi
sukar dilakukan. World Wide Web juga menawarkan akses cepat terhadap informasi
yang hingga ini masih belum tersedia secara atau sukar untuk diperoleh secara
gratis.
PENGGUNAAN WEBSITE UNTUK MEMPEROLEH
INFORMASI PENELITIAN PERUSAHAAN
1. Mayoritas
perusahaan Website tersendiri dan mayoritas memanfaatkan homepage mereka untuk
menginformasikan informasi keuangan terutama laporan keuangan pokok yaitu
neraca dan laba rugi. Tidak banyak, kurang dari 40% perusahaan yang memberikan
informasi keuangan tambahan (catatan atas laporan keuangan, pendapat auditor
dan analisis manajemen).
2. Mayoritas
perusahaannya memberikan duplikasi informasi atau sebagian dari informasi hard
copy laporan historis yang diubah dalam bentuk hyperttext atau format pdf.
3. Tidak
banyak perusahaan yang benar-benar memanfaatkan fitur internet secara optimal.
Hal ini terbukti dari 10% dari perusahaan sampel yang menampaikan informasi
mengenai pergerakan saham. Disamping itu, meskipun mayoritas home page
menampilkan press release, tetapi kurang dari 35 % yang melakukan update atas
informasi yang ditampilkan.
SARAN-SARAN UNTUK PARA ANALISIS
Pada saat melakukan analisis terhadap
perusahaan-perusahaan di negara pasar berkembang, para analisis harus sesering
mungkin bertemu dengan manajemen untuk mengevaluasi insentif pelaporan keuangan
dan kebijakan akuntansi mereka. Banyak negara di pasar berkembang yang sangat
tertutup dan para manajer mungkin tidak memiliki insentif yang kuat untuk
melakukan pengungkapan yang lengkap dan kredibel.
SOAL :
1. Menganalisis
sejarah mana hasil yang dilaporkan perusahaan mencerminkan realitas ekonomi,
merupakan tujuan dari….
a. Analisis
akuntansi
b. Analisis
keuangan
c. Analisis
ekonomi
d. Analis
pelaporan
Jawaban
: A
2. Dibawah ini
merupakan langkah-langkah dalam melakukan evaluasi kualitas akuntansi suatu
perusahaan adalah….
a. Identifikasikan
kebijakan akuntansi utama
b. Analisis
fleksibilitas akuntansi
c. Evaluasi
strategi akuntansi
d. Semua
jawaban benar
Jawaban : D
3.
Berikut ini
termasuk kerangka dasar analisis usaha yaitu….
a. Analisis
akuntansi
b. Analisis
keuangan (analisis rasio dan arus kas)
c. Jawaban
a dan b benar
d. Jawaban
a dan b salah
Jawaban
: C
4. Analisis
strategi usaha sulit dilakukan khususnya dibeberapa negara karena kurang
andalnya informasi mengenai perkembangan makro ekonomi, termasuk kedalam….
a. Rekomendasi
untuk melakukan analisis
b. Ketersediaan
informasi
c. Keterbatasan
informasi
d. Ketersediaan
akuntansi
Jawaban
: B
5.
Bagaimana penggunaan
website untuk memperoleh informasi penelitian perusahaan….
a. Mayoritas
perusahaan Website tersendiri dan mayoritas memanfaatkan homepage mereka untuk
menginformasikan informasi keuangan terutama laporan keuangan pokok yaitu
neraca dan laba rugi.
b. Mayoritas
perusahaannya memberikan duplikasi informasi atau sebagian dari informasi hard
copy laporan historis yang diubah dalam bentuk hyperttext atau format pdf.
c. Jawaban
a dan b benar
d. Tidak
ada jawaban yang benar
Jawaban
: C
Sumber:
1. Choi, Frederick
D.S dan Gerhard D. Mueller. 2005. Akuntansi Internasional, Buku 1 edisi 5.
Jakarta:Salemba Empat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar