welcome

Selasa, 26 Juni 2012

Sistem Perekonomian Indonesia

Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya.
  
Indonesia memiliki ekonomi berbasis-pasar di mana pemerintah memainkan peranan penting. Pemerintah memiliki lebih dari 164 BUMN dan menetapkan harga beberapa barang pokok, termasuk bahan bakar, beras, dan listrik. Setelah krisis finansial Asia yang dimulai pada pertengahan 1997, pemerintah menjaga banyak porsi dari aset sektor swasta melalui pengambilalihan pinjaman bank tak berjalan dan asset perusahaan melalui proses penstrukturan hutang.


Ekonomi indonesia saat ini optimis pertumbuhan ekonomi yang meningkat.dengan pertumbuhan dan pendapatan nasional yang semakin meningkat kita dapat melihat perkembangan dan kemajuan kita pada negara lain. dengan pendapatan nasional per tahun indonesia mampu memberikan kemajuan.ekonomi makro yang sangat berpengaruh dalam pertumbuhan ekonomi saat ini.salah satu pertumbuhan ekonomi itu dapat dilihat dengan permintaan domestik masih akan menjadi penopang utama kinerja perekonomian. Selain itu, ekspor dan impor, serta investasi.

Pertumbuhan ekonomi meningkat tetapi masih banyak rakyat kecil yang menderita, banyak anak-anak yang tidak bersekolah, pengangguran dimana-mana, gizi buruk, dll. Dengan demikian meningkatnya perekonomian belum bisa menjamin rakyat kecil untuk mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Selain itu terjadi kesenjangan. Dimana yang kaya semakin kaya. Korupsi bukan lagi menjadi suatu pelanggaran hukum melainkan menjadi sesuatu yang sudah terbiasa.

Sumber :
 http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian
http://dwi-ardianto.blogspot.com/2011/02/perekonomian-indonesia-saat-ini.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar